Fashion and Beauty

Muslimah yang terhormat akan Membawa Kemajuan Bangsanya.

Keberadaan pemuda dalam kemajuan suatu  bangsa adalah hal yang tidak bisa kita pungkiri . Peran pemuda sangat penting dan berdampak pada kemajuan suatu bangsa. Lalu apa peran wanita muslimah dalam hal ini? Tentu sangat Berkaitan, dan sangat terikat erat.  Dengan cara apa wanita muslimah ikut serta dalam kemajuan suatu bangsa? Dengan cara menjaga kehormatannya.Hem,, pasti sahabat bingung ya.. bagimana hubungan antara kehortman wanita, kemajuan suatu bangsa dan hubungannya dengan menjaga agar diri ini tidak Tabarruj? Yuk kita simak apa aja ya, rantai dari ketiga hal tersebut. Perlu diketahui, tabarruj menurut syar’i meliputi memperlihatkan apa yang tidak boleh diperlihatkan, berbusana yang menyingkap aurat, ber-ikhtilath (campur baur) dengan ajnabi (orang yang bukan mahram-nya), bersentuhan dengan mereka lewat jabat tangan, berdesak-desakan, dan sebagainya, termasuk berlaku genit dalam berjalan dan berbicara di hadapan mereka. Lalu, bagaimana hubungan tabarruj dengan kemajuan suatu bangsa? Sesuai dengan firman ALLAH S.W.T  dalam surat AN-Nur Ayat 31, yang artinya:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan pehiasaannya kecuali yang biasa nampak dari pandangan. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau kepada ayah mereka, atau putra-putra mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putra-putra suami mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap  kaum wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat kaum wanita. dan janganlah mereka memukul kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”. (Qs An Nur : 31).

Wanita yang menjaga kehormatannya akan berpengaruh  pada kemajuan bangsa. Pandangan wanita muslimah  yang senantiasa terjaga, memelihara aurat, dan menjaga diri dari penampilan yang tidak islami akan menjaga mental dan akhlak dari suatu bangsa. Tentu saja hal ini akan membuat kaum adam merasa aman dengan pandangannya.  Merasa terjaga dari hal hal yang tidak diharapkan.  Terjaganya akhlak dan mental suatu bangsa inilah yang akan menumbuhkan motivasi untuk menjadi lebih baik dalam segala hal. Khusunya pemudi pemuda. Semakin banyak muslimah yang menjada kehormatannya, akan berdampak pula pada pembentuka mental dan akhlak dari bangsa tersbut. Muslimah yang senantiasa menjaga kehormatannya senantiasa akan menjaga kehormatan keluarganya. Keluarga yang terjaga kehormatannya, senantiasa akan menjaga kehormatan lingkungannya. Dan lingkungan yang terjaga tentu akan berdampak pada keharmonisan dan penjagaan dari suatu bangsa. Hal ini akan menular pada keadaan yang lainnya. Kebaiakn yang menular inilah yang diharapkan mamapu merubah keadaan lingkunag,, dan pada akhirnya berdampak besar pada kehidupan bangsa. Jika bukan kita yang menjaga akhlak, lalu siapa lagi??

Seorang Istri yang sholehah, akan menjada kehortmatan suaminya. Dan suami pun senantiasa menjaga kehormatan istri. Saling menjaga kehormatan, akan menelurkan keturunan yang baik pula. Dari keadaan yang seperti itulah, akan timbul kondisi yang lebih baik lagi. Mental keluarga akan terjaga, dan meminimalisasi proses Kebobrokan bangsa yang semakin hari semakin menjadi, karena sesungguhnya, perbaikan itu dimulai dari hal yang kecil, dimulai dari yang terdekat, dan dimulai dari sekarang. Sesuai firman ALLAH S.W.T. dalam surat An Nisa Ayat 34, “Maka wanita yang sholihah adalah yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.” (QS. An Nisa’:34).

Dengan demikian, hendaklah kita memulai dari sekarang, menjadi wanita sholehah, menjaga dari tabarruj, dan senantiasa

Beriman bahwa Allah Subhaanahu wata’ala adalah Rabbnya, dan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi-Nya, serta islam pedoman hidupnya. Dampak itu semua nampak jelas dalam perkataan, perbuatan, dan amalannya. Dia akan menjauhi apa-apa yang menyebabkan murka Allah, takut dengan siksa-Nya yang teramat pedih, dan tidak menyimpang dari aturan-Nya.

selalu menjaga sholat lima waktu dengan wudlu’nya, khusyu’ dalam menunaikannya, dan mendirikan sholat tepat pada waktunya, sehingga tidak ada sesuatupun yang menyibukkannya dari sholat itu. Tidak ada sesuatupun yang melalaikan dari beribadah kepada Allah Subhaanahu wata’ala sehingga nampak jelas padanya buah sholat itu. Sebab sholat itu mecegah perbuatan keji dan munkar serta benteng dari perbuatan maksia

menjaga hijabnya dengan rasa senang hati. Sehingga dia tidak keluar kecuali dalam keadaan berhijab rapi, mencari perlindungan Allah dan bersyukur kepadaNya atas kehormatan yang diberikan dengan adanya hukum hijab ini, dimana Allah Subhaanahu wata’ala menginginkan kesucian baginya dengan hijab tersebut. Allah berfirman: Artinya: “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab:59).

Wanita muslimah selalu menjaga ketaatan kepada suaminya, seiya sekata, sayang kepadanya, mengajaknya kepada kebaikan, menasihatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, serta tidak menyakiti hatinya.

Dari uraian diatas bisa kita ambil suatu hikmah, bahwa wanita yang sholehah, senatiasa menjaga kehormatan dirinya, suami dan keluarganya, akan memeberikan dampak yang positif dari kemjauan akhlak bangsa. Karena akhlak bangsa itu di mulai dari sebuah pendidikan keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat khumaira semua,, salam…

Dari berbagai sumber.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *