Food

[RESEP] SAMBAL BAJAK plus cerita tentang sakura

Assalamualaykum,,,,,

sudah bulan April,, sakura bermekaran, walaupun hanya sebentar. Enggak sempat mneikmati Hanami bersama keluarga, rasanya belakangan ini badan mudah lelah, enggak mau diajak kemana mana. liburan pengennya tidur, dan istirhata di rumah. MEmasak, main sama Fisa atau bikin KUe. Secara beberapa hari ini jadwal di Lab rasanya bikin energi terkuras, apa lagi,, Sensei sibuk banget. ingin sekali diskusi dengan sensei tapi apalah daya, waktu beliau yang terbatas, bikin hati serasa di PHP in.. eh ternyata di PHP in sama sensei lebih bikin mengelus dada, daripada di PHP in sama gebeten.. ahhahah emang pernah gituu di PHP in sama gebeta? hemmmmm dulu lahhhh waktu jama jama ababil gitu. kayaknya sih,, tapi lupa lupa ingat juga. Apa mungkin gak pernah ya,,, hahahhaha ahh abaikan saja masalah PHP mem PHP.

SAKURA_1SAKURA_4

Oia,, cerita dulu tentang sakura ya sebentar. Untuk Spring tahun ini, cuma sempat ngambil beberapa foto sakura di kampus saja,, lumayan lah,, bisa menikmati pemandangan yang indah, walaupun cuma satu pohon. Tapi pohon sakura yang di kampus ini gede plus tinggi. gak bisa tuh di raih raih sama tangan. lagian di sepanjang sungai jalan pulang kerumah juga itu sakura pada melambai lambai,,,, Indah pokonya,,,

SAKURA\2SAKURA_3

Okeehh segitu saja ya cerita tentang sakuranya, sekarang balik lagi ke resep yang akan di tulis sesuai sama judul, sambal Bajak. Orang Indonesia suka banget kannn sama yang namanya sambel. entah itu sambelnya pedes, pedes sedang, atau pedes banget. Kurang Afdol rasanya kalau makan tanpa sambel. nah,, karena suami juga hobby banget makan sambel, jadi biasanya saya bikin sambel yang banyak sekalian,, bisa disimpan dalam jangka yang cukup lama didalam chiller (kulkas bagian bawah). jadi, kalau pas mau makan tinggal sendokin ajah, beres.

SAMBAL BAJAK VERSI 1

Biasanya sih, itu sambel dalam toples enggak sampai habis dalam jangka waktu sebulan. dua minggu sudah ludes. satu toples bisa habis dalam jangna waktu seminggu. yah lumayan lah ya,, bikin samblenya gak harus tiap hari, cukup duaminggu sekali. Lagian bawang merah disini mahallll banget boo… hahaha harus bisa ngiritt banget tuh kalau pake bawang merah. BErat di ongkos sama berat di kantong. 500 gram biasnaya sekitar 500 Yen, atau mungkin lebih. Ini bawang Merah adanya cuma di toko Indonesia saja, kalau di supa supa biasa enggak ada, adanya cuma bawang bombai,,dengan berbagai macam tipe. kalau bawang putih banyakkkkk.. dan haragnya juga bervariasi, mulai dr yang murah sampe yang mahal bingiiittt.

oke ini resep sambel bajak yang biasa saya pakai, untuk takaran saya pakai perbandingan ya:

bawang merah: bawang putih: bawang bombay (bisa di skip cuma pakai bawnag merah saja)= 1:1/4:1/2

Bahan bahan:

  • bawang merah
  • Bawang putih
  • bawang bombay
  • ebi kering segenggam
  • terasi secukupnya
  • gula putih
  • garam
  • cabe rawit secukunya (tergantung selera pedas amsing masing)
  • jika suka bisa memakai sedikit penyedap (saya pakai penyedap ayam home made, jadi bebas dari MSG dan bahan berbahaya lainnya
  • minyak untuk menggoreng

SAMBEL BAJAK VERSI 2

Cara Membuat

1. Campur bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kemudian diulek kasar. (saya pakai food processor yang chooper, jadi enggak cape mau ngulek dalam jumlah yang banyak).

2. Rebus sebentar cabe rawit yang sudah disipakna, kemudian haluskan dengan mencapurkan ebi kering tadi. Jangan terlalu halus, agar tekstur cabe masih terasa.

2. Panaskan minyak untuk menggoreng, dan masukan bawang yang sudah diulek tadi (atau di hancurkan kasar), goreng hingga harum, kemudian masukan cabe yang sudah dicampur dengan ebi kedalam bawang yang sedang digoreng.

3. aduk hingga rata dan layu. tambahkan garam, gula, terasi, penyedap rasa, dan masak hingga semua matang.

lamanya memasak bisa disesuaikan dengan sellera. kalau saya sih pilih maskan dengan jangka waktu yang sedang, agar bahan yang ada didalam sambel masih terasa. kalau suka dengan tekstur yang lembut dan bisa bertahan lumayan lama, masak sedikit lama, hingga miyak dari penggorengan terkumpul diatas.

Selamat mencoba,, ini sambel enakk lhoo..

Salam

Mphy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *