Food

Sweet Potato Bread


Hai hai hai,,,

finally menulis lagi,, setelah sekian bulan vakum dari pertelevisiann (ceilee,,kaya artis aja, hhe).. sebenarnya bahan untuk menulis sudah banyaaakkk sekali. mulai dari resep, jalan jalan, pengalaman dan lain lain,,, bukan apa apa sih,, sekarang kan ue sudah jadi emak emak dengan satu anak lucu imut mungil hehehe dann serasa sibuk sekali (padahal gak juga sihh)…

sekarnag sambil nunggu ide (biasa alasan klasik saya kalo nulis di blog ya sambil nunggu ide yg lain keluar) nulis di blog dlu,, duududud kangennn sekali nulis nulis di blog,,

Oia sedikit cerita, Buat saya Facebook itu seruuuu sekali, apa lagi pas gabung sama grup grup yang menambah wawasan kita dari berbagai bidang. dan sekarang saya sudah gabung di grup nya NCC (Natural cooking Club), seang syekali karena banyak ide berseliweran. Alhasil sejak gabung di grup ini kemauan saya untuk memasak menjadi lebih semangatt dan bahkan terlalu semangat hhehe. alhamdulillah suami mendukung. Karena dukungannya ini suami naik berat badan secara signifikan, dan yang pasti perut sedikit buncit, heheh I am so sorry yee mas,, kau jadi bagian dari percobaan resep resep istrimu ini.

oke mulai sekarang, resep yang sudah saya coba di dapur, saya mau tulis ulang resepnya di blog ini, dan dengan mencantumkan resep siapa itu,,, dari mana. biar halal ya bagi bagi ilmunya…

 

cukup dulu lah ngobrolnya,, mending kita langsung ke resep  Sweet potato bread.

oia, ini sebenarnya resep potato bread biasa, cuma saya ganti dengan sweet potato biar rada manis. dan sedikit kecewa sih, ubi jalar yg digunakan ga semanis yg dibeli kemarin (memang harga menentukan rasa ya) alhasil roti yg dihasilkan kurang sip. lebih sip pakai yg potato biasa.. resep saya pakai dari mbak NIkmatul Rosyidah (https://www.facebook.com/nikmatul.rosidah.1?fref=ts)

 

**Potato Bread** by Nikmatul rosyidah
Juga bisa dipakai jadi** Donut Kenthang**
Bahan:
– 500 g Strong white Flour/Tepung terigu Pro tinggi (Cakra) Diayak.
– 50 ml air hangat (bukan air panas)
– 2,5 sdt Ragi Roti (Saya pakai Saf instans)
– 350 g Kenthang matang,lembutkan dengan garpu,
(jika direbus kenthangnya setelah air dibuang pancinya tetep taruh di atas api sambil digoyang goyang jadi kentangnya tidak berair,)
– 1 telur, Suhu ruang ,bukan telur dr kulkas.
– 50g gula pasir.
-75 g unsalted butter.potong potong
-150 sampai 175 Ml susu cair tawar ,Hangat.
-1,5 sdt garam.
—Cara:
1. larutkan ragi dengan air tambahkan sedikit gula aduk aduk dan diamkan selama 5 ke 8 menit,biar berbuih.(jika ragi tidak berbuih makna nya ragi sudah tidak aktif.)

2. di baskom besar masukkan tepung yang sudah diayak campur garam dan gula.tambahkan butter remas remas butter dengan tepung sampai rata. masukkan kentang remas remas kentang juga dgn tepung lalu masukkan telur kocok dan cairan Ragi serta susu.(ini adonan lembek tapi tidak lembek sekali jadi tetep lengket ditangan,jangan kuatir)semua adoanan sudah campur rehatkan dulu selama 5 menit.tutup dgn kain.
3. Setelah 5 menit Aduk adonan lagi dengan tangan sampai 8 ke 10 menit,bersihkan tangan dengan spatula,lalu rehatkan bira ngembang,tutup selama 1 jam.
4. kempeskan adonan dan keluarkan di permukaan yg sudah ditaburi sedkit tepung,jika untuk roti,:*** Bulatkan adonan taburi sedkit tepung lalu tepuk tepuk biar gak lengket lalu pipihkan dan potong potong lalu bulat bulat kan,taruh diatas loyang tutup dengan kain biarkan selama 15 ke 20 menit.
5. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat(api atas bawah) jika oven sdh panas panggang roti selama 15 ke 20 an menit.

sewaktu roti masih panas poles dengan 1sdm butter lembutkan dgn 1 sdt madu.


Roti siap dibelah dan isi dengan Jam atau Keju.


***Jika untuk Donut—Bulat kan adonan tepuk tepuk dengan sedikit tepung lalu pipihkan dan potong potong berbentuk donut,biarkan tuk mengembang lalu goreng diatas api sedang.
Selamat mencoba.

potato bread

kalau versi saya, saya isi rotinya dengan orange jam, chocolate sprinkel, pokoknya dengan bahan bahan yang ada di rumah..

 

selamat mencoba,, dan terimakasih mbak Nik untuk setiap resep yang sangat oke dan gampang..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *